Sunscreen, Pentingkah?

Banyak orang masih merasa sunscreen menjadi sesuatu yang tidak penting, padahal sunscreen merupakan hal yang wajib digunakan setiap harinya bahkan walau kegiatan kita hanya dilakukan di dalam ruangan dan jarang terpapar sinar matahari langsung. 
Kenapa sih sunscreen penting walaupun hanya di dalam ruangan?
Tahukah bahwa sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan melewati jendela dan sela-sela ruangan, itu alasannya mengapa pada siang hari, kita dapat melihat benda-benda di sekitar kita tanpa harus menyalakan lampu ruangan. Yang menyebabkan penggunaan Sunscreen menjadi sangat penting adalah, kulit kita memerlukan perlindungan dari sinar UV. Sinar UV memang dibutuhkan untuk membentuk vitamin D pada tubuh, namun sinar UV berlebih dapat memberikan dampak negatif bagi kulit. Dampak ringan yang paling dirasakan adalah merubah warna kulit, mengiritasi, bahkan hingga sunburn. Dampak yang paling berbahaya adalah sinar UV berlebih dapat memperbesar risiko terkena penyakit kanker kulit.
Selain itu, dampak yang dapat dirasakan dengan mengabaikan sunscreen adalah kulit akan kehilangan elastisitasnya dan menyebabkan penuaan dini. Lalu, apakah kulit berjerawat dan berkomedo wajib menggunakan sunscreen? apakah semakin memperparah kondisi kulit?
Kulit berjerawat dan berkomedo bukan alasan melupakan sunscreen di kegiatan sehari-hari. Tanpa menggunakan sunscreen, justru dapat memperparah keadaan di kulitmu,lho. Karena kulit kehilangan elastisitasnya, pori-pori akan semakin sulit untuk menutup dan justru mempermudah bakteri untuk masuk ke dalam pori-pori dan juga menyebabkan kulit lebih mudah teroksidasi yang menyebabkan sebum menjadi lebih comedigenic.
Berikut tips dari All You Need(s) tentang sunscreen

A. Gunakan Setelah Skincare dan Sebelum Makeup

Biasakan menggunakan skincare sebelum menggunakan sunscreen terutama bagi tipe kulit sensitif dan berjerawat agar kulit memiliki perlindungan yang lebih kuat lagi. Gunakan skincare  yang tinggi antioksidan untuk memberikan efek yang lebih bagus lagi dalam penggunaan sunscreen.

B. Gunakan Sunscreen yang Sesuai Dengan Kondisi kulit

Sekarang sudah banyak sunscreen yang memang diformulasikan khusus untuk kulit-kulit tertentu, untuk kulit berminya, normal, kering, bahkan sensitif sekalipun. Kalian dapat menggunakan sunscreen dengan kandungan zinc oxide bila memiliki kulit berjerawat.
Jual Skin Care Loreal Paris UV Perfect Matte & Fresh Long UVA SPF ...
sumber:
https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.sociolla.com%2Fskin-care%2F10163-l-oreal-paris-uv-perfect-matte-and-fresh-spf-uva.html&psig=AOvVaw1HItAK65TB-vkA3coyWwGb&ust=1595079404139000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCKD2r_2z1OoCFQAAAAAdAAAAABAE

C. Reapply Sunscreen Setiap 2 Jam Sekali

Efektifitas sunscreen berkurang setiap jamnya, maka dari itu sunscreen harus di gunakan ulang setiap 2 jam sekali. Ingat ya, sebelum menggunakan sunscreen ulang, pastikan wajah dalam keadaan bersih. Cara tersebut juga sangat tepat dilakukan agar tidak menumpuk banyak kotoran dan bakteri di wajah yang dapat menyebabkan jerawat. 

Semoga dapat memberi pemcerahan bagi kalian yang merasa bingung tentang sunscreen ya!
untuk request dan yang ingin bertanya boleh DM ke akun instagram fasyafatarani. kritik membangun, saran, pertanyaan, dan request sangat diterima 24/7. See ya'

Komentar

Postingan Populer